Kamis, 06 September 2012

Bergaullah dengan Orang Sholih ^^


“Seseorang dapat dinilai dari agama kawan setianya, maka hendaklah di antara kalian melihat seseorang dari siapa mereka bergaul.” (HR. Hakim)


Pesan diatas adalah pesan Rosululloh Saw kepada umatnya agar memilih teman yang baik agamanya, memilih teman yang taat beribadah, memilih teman yang dapat saling mengingatkan dalam kebaikan..

Kalau kita bergaul dengan penghafal al-Qur’an, maka kita akan terpengaruh untuk dekat dengan al-Qur’an. Jika kita bergaul dengan orang yang senantiasa rindu kepada masjid, maka kita akan terbawa untuk selalu menunaikan sholat berjama’ah di masjid. Pun demikian jika kita bergaul dengan orang yang gemar menunaikan shaum sunnah, maka kita akan termotivasi untuk melakukannya juga.

Bergaul dengan orang yang sholih adalah investasi yang sangat berharga. Bergaul dengan mereka akan memberikan efek positif secara langsung kepada kita. Rosululloh Saw bersabda, “Perumpamaan teman yang shalih dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium wanginya. Sementara berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya mendapatkan bau tidak sedap.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bila kita banyak bergaul dengan orang yang terbiasa melakukan kemaksiatan dan dosa, maka perbuatan dan tabiatnya itu bisa menular dengan mudah kepada kita. Sebaliknya, apabila kita banyak bergaul dengan orang yang senantiasa rindu kepada masjid, istiqomah dalam tilawah dan menghafal al-Qur’an serta konsisten membiasakan diri berdzikir kepada Alloh Swt, maka semua hal itupun bisa menular kepada kita.

“Seseorang dapat dinilai dari agama kawan setianya, maka hendaklah di antara kalian melihat seseorang dari siapa mereka bergaul.” (HR. Hakim)

Demikianlah arti penting siapa yang diajak bergaul oleh kita. Karena mereka adalah cerminan kita. Ketika orang-orang yang sering dan dekat dalam bergaul dengan kita itu adalah orang-orang yang bagus dalam ibadah dan memiliki ketenangan jiwa, maka hal itu sungguh akan menular kepada diri kita.

Wallohu’alam bisshowab. Mudah-mudahan manfaat ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar