Senin, 18 Maret 2013

Menguatkan Kembali Kekuatan Ruhiah dengan Al-Quran



Kita simak terlebih dahulu hadits Qudsi berikut ini, bacalah dengan hatimu ^^, “Berniat saja hamba-Ku akan melakukan suatu kebaikan, sudah aku sediakan baginya satu pahala. Kalau sampai dia melakukan niatnya itu, Aku sediakan baginya paling sedikit sepuluh pahala, bahkan ada yang sampai tujuh ratus pahala. Sebaliknya, bila dia hanya berniat saja akan melakukan suatu kejahatan, Aku diamkan. Kalau sampai dia melakukannya, Aku akan catat untuknya satu dosa.” (HR. Tirmidzi)


Baik bangeeeet  ya Alloh sama kita (hambanya). Baru niat aja Alloh udah ngasih satu kebaikan. Apalagi sampe kita ngelaksanain niat kebaikan kita, tambah-tambah Alloh kasih sepuluh kebaikan, bahkan sampai tujuh ratus pahala. Subhanalloh!

Yuuk lebih deket ke Al-Quran

Kita sering banget tenggelam dalam kesibukan rutinitas kita. Yang masih jadi mahasiswa, sibuk dengan tugas-tugas kuliah, persentasi, ikutan lomba, kalo yang aktif di organisasi musti rapat, buat proposal, tiap weekend jadi panita suatu kegiatan. Sibuuuk bangeet!

Kalo ada yang berpikir gini, “Nanti aja ah belajar Islamnya, tunggu udah selesai kuliah baru mau belajar.” Kita lihat orangtua kita. Begitu banyak urusannya. Kerjaan kantor yang ga selesai-selesai, ngurusin rumah, anak, tetangga, dan kesibukan lainnya. Kesimpulannya apa? Kerjaan kita setiap hari bukannya berkurang bahkan terus nambah.

Saya berharap mudah-mudahan sesibuk apapun urusan kita, jangan pernah kita ninggalin ibadah kita. Alloh udah ngasih waktu ke hambanya 24 jam dalam sehari. Ada yang berhasil menjadi hafidz Quran, mahasiswa berprestasi, jadi pengusaha sukses, di sisi lain juga ada yang ngurusin kerjaannya ga selesai-selesai, keluarganya berantakan. Masya Alloh.

Kalau kita ngerasa urusan kita berantakan berarti kita jauh dari Alloh. Kita jarang banget mau luangin waktu buat baca al-Quran minimal satu halaman. Kita jarang banget mau luangin waktu buat dateng di kajian-kajian Islam. Alloh berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Hasyr ayat ke-19, “Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.

Rame-rame belajar Al-Quran

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30)

Kita berharap semua aktivitas kita, kesibukan kita, menjadi berkah, dan dinilai ibadah oleh Alloh. Menjadi mahasiswa, kita senantiasa giat menuntut ilmu, mendapatkan nilai yang terbaik, dan juga rajin ibadahnya. Ia selalu ingat bahwa kehidupan dunia ini bentar aja ko, ia ingin mencari ladang amal untuk akhiratnya kelak. Karena itu ia tidak pernah lupa untuk terus mengkaji Al-Quran dan As-Sunnah. Ia selalu sempatkan untuk tilawah di tengah-tengah kesibukannya, ia sempatkan ke majelis-majelis atau halaqah-halaqah Al-Quran. Ia terus menambah hafalannya karena ingin sekali memberikan mahkota untuk orangtuanya di Surga. Subhanalloh.

Mudah-mudahan Alloh senantiasa memberikan kemudahan dalam setiap urusan kita, dan kita menjadi hamba-hamba yang sholih yang senantiasa mengkaji dan mengamalkan Al-Quran dan As-Sunnah, aamiin.

Note: Undangan untuk mahasiswa STIS untuk menghadiri “Pembukaan Kelas HALAQAH AL-QURAN” pada hari Jumat tanggal 22 Maret 2013 di Masjid Al-Hasanah STIS/BPS, waktunya jam 07.00-10.00.
Bagi yang mau ikut, silahkan konfirm yaa, yang ikhwan ke nomor 08197911280, kalo akhwat ke nomor 08980039059

Tidak ada komentar:

Posting Komentar