Jumat, 27 Januari 2012

Mata air kehidupan di pondok pesantren husnul khotimah..


Rombongan RQ siap beraksi.. kami ber 7orang yang terdiri dari: ka syirrul, ka khoir, ka heri, ka ahyar, akh budiman, akh ryan, dan ana sendiri wahyu a.kautsar. Perjalanan kami dimulai dari RQ jam 20.30.. lalu menuju kampus untuk menjemput ka syirrul yang sedang menunggu di kampus.. dari kampus kami pergi ke halte bidaracina, kami akan naik busway menuju terminal pulogadung..


Dari terminal pulogadung.. kami bingung bus luragung dimana ya?? Saat sudah menemukan bus.. tiba2 kami dicegat untuk membayar peron.. kami cek.. ternyata harga yang tertera di tiket peron harganya hanya 200.. tapi ia minta uang 1ribu.. apa-apaan ini... akhirnya setelah pergulatan panjang.. cek cok yang tiada habisnya.. kami mengalah.. kami bayar saja 7ribu.. karena  kami berjumlah 7orang..

Perjalanan di bus banyak suka dukanya juga.. busnya lamaaa banget ngetemnya.. udah gitu di tengah jalan busnya mogok.. ya Alloh.. perjalanan di bus sudah memakan kurang lebih 6jam.. aku sudah sibuk mencari bacaan desa maniskidul.. itulah intruksi dari ustadz lukman.. ka khoir udah menanyakan beberapa kali.. dan menitipkan pesan ke kernetnya.. “bang kalo udah di maniskidul diberhentikan ya..” ternyata ia lupa.. dan kami terlewat.. akhirnya kami turun di desa ciredang.. udah dari situ.. kami menelpon ustadz lukman, “ustadz kami di desa ciredang? Desa maniskidul dimana ya??” “wah antum kelewatan.. naik angkot aja akh.. tidak terlalu jauh dari situ..” namun ada abang angkot yang menawarkan untuk pergi ke husnul.. karena harganya terlalu mahal kami tolak.. dan salah seorang dari kami berkata, “kami sholat dulu bang..” setelah jalan beberapa langkah.. kami menemukan angkot.. kami naik.. dan ternyata abang angkot nyamperin angkot yang kami taikin.. “katanya sholat dulu.. dasar santri nipu..” astaghfirulloh.. kami cuma bisa mengelus dada..

^_^

Setelah sampai desa maniskidul.. kami sholat dulu di masjid terdekat.. setelah itu kami dijemput oleh ustadz lukman..

Sesampainya di pondok Husnul Khotimah.. kami sudah tidak tahan untuk mengeluarkan kamera.. untuk siap jeprat jepret di Husnul.. udah sampai di Husnul, kami dipersilahkan untuk masuk di ruang tamu.. ruang itu terdiri dari beberapa kamar, dan tempat yang lumayan luas.. kami beristirahat sejenak, dan membersihkan diri.. setelah itu kami diajak untuk menemui sekretaris pondok di Husnul.. namanya Ustadz Mulyadin..

Taujih ustadz mulyadin tentang kaderisasi di kampus, dan bagaimana kita menyikapi khilafiyah. Pertama ustadz mulyadin menyampaikan siroh bagaimana Rasululloh begitu berat menanggung amanah, dan begitu cintanya kepada umatnya.. Alloh berfirman di Al-Qur’an surat at-Taubah ayat 128: “Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.”

Lalu beliau menyampaikan betapa pentingnya kaderisasi di kampus. “Kita sebagai kader dakwah, jangan pernah berpikir kerdil. Kita sedang membangun sebuah peradaban. Ibaratkan membangun tembok cina. Para penggagasnya tidak pernah melihat tembok cina sudah jadi seperti apa. Tapi ia mempunyai mimpi besar. Begitulah kader dakwah seharusnya.”

Setelah itu kami berpoto bersama ustadz, sekaligus pemberian plakat.

Setelah dari ruang aula. Kami berkeliling di pondok husnul. Kami mengunjungi masjid yang luasnya lumayan besar untuk menampung kira-kira 2ribu orang. Masjid disini ada dua. Masing-masing ikhwan dan akhwat punya masjid sendiri-sendiri. Masjid ini sebagai sentral pusat informasi dan sekaligus tempat santri belajar.

Setelah dzuhur, kami bersiap-siap untuk pergi ke kolam renang.. namanya kolam renang cibulan.. perjalanan dari pesantren kira-kira memakan waktu sekitar 15menit..

Ternyata selain bisa berenang.. di kolam ini juga ada terapi ikan.. awal pertama saat mencoba masih terasa sakit.. ketika kaki kita dimasukkan, sontak seluruh ikan mengelilingi kaki kita dan mengigit bagian kulit kita.. awal-awal masih belum terbiasa.. namun lama kelamaan jadi keasyikan.. haha..

Setelah puas terapi ikan.. kami pulang.. rencananya mau on air di radionya husnul.. tapi karena kami kecapekan.. akhirnya tidak jadi..

Di ruang tamu.. tempat kami menginap ternyata banyak yang beristirahat juga.. salah satunya yang kami temui yaitu Ustadz Taufiqurrohman.. awalnya kami hanya sekedar menanyakan asalnya.. beliau asal dari Bogor, lalu tiba-tiba percakapan biasa menjadi taujih.. beliau berpesan, “Kader dakwah itu seharusnya memiliki lima kemampuan: hafal Al-Qur’an, akademiknya prestatif, menguasai bahasa, aktif berorganisasi, dan pandai bersosialisasi.” Selain itu beliau juga berpesan, “Ketika kita mendapatkan masalah, hal yang pertama diingat yaitu pertolongan Alloh. Dahulukan akhirat, Insya Alloh akan dimudahkan dalam hal dunia.” Subhanalloh. Ketika ditanya, “Ustadz apakah dari pesantren juga?” lalu beliau berkata, “Saya dari Institut Pesantren Bogor, sekarang saya bekerja di Kementrian Kehutanan di Jakarta. Rumah saya di Bukit Cimanggu, Bogor. Dan aktif mengisi halaqah.” Subhanalloh. Inilah hasil dari tarbiyah.. lalu kami meminta nomor hp untuk menghubungi beliau, mungkin kami akan menghubungi beliau untuk mengisi kajian di dauroh, Insya Alloh..

agenda malam.. kami istirahat.. untuk persiapan ke air panas cilengkrang..

^_^

Pagi jam setengah empat kami sudah bangun, setelah itu kami ke masjid untuk Qiyamul lail.. ternyata masjid masih sepi, beberapa menit kemudian.. santri ramai untuk melaksanakan Qiyamul lail.. agenda bangun disini yaitu sudah dibangunkan jam tiga.. persiapan setengah jam.. dan setengah empat sudah harus di masjid..

Setelah sholat subuh.. dan al-Matsurat.. kami bersilaturahim ke rumah Ustadz Dwi Basuni, Lc. Disitu kami mendapat taujih kembali.. betapa pentingnya pembinaan di kampus... “Akhi gerbang terakhir pembinaan yaitu ada di kampus. Kenalkan teman-teman kita untuk mengikuti halaqah. Jika sudah kerja nanti akan banyak waktu tersit, dan akan cenderung malas..” subhanalloh.. “Manfaatkan waktu-waktu saat mahasiswa untuk sebanyak-banyaknya meraih ilmu..” Insya Alloh Ustadz n_n

Setelah itu kami kembali ke pesantren.. dan kami diberitahu ustadz lukman, “Di husnul ini ada yang disebut jalur gaza.. artinya santri tidak boleh melewati jalur ini.. karena ini jarak antara tempat ikhwan dan akhwat.. namun kalau tamu diperbolehkan untuk melewati jalur ini..”

^_^

Perjalanan dimulai.. kami menyiapkan barang-barang yang akan dibawa ke air panas di lembah cirengkrang.. perjalanan kami dari husnul naik angkot, karena lumayan jauh jaraknya.. kalo kita jalan bisa memakan waktu lama.. kami diantarkan sampai depan jalan saja.. ternyata jaraknya masih lumayan jauh menuju lembahnya.. tapi di tengah jalan2.. tetep kami poto2 dulu untuk mengabadikan jalan2 kami..

Sesampainya diatas, kami menikmati udara sejuk dan pemandangan yang hijau.. jarang sekali melihat ini di jakarta.. alhamdulillah..

Namanya lembah cilengkrang, ini adalah taman nasional gunung ciremai.. banyak yang mengadakan kamping disini.. kebanyakan dari warga cirebon.. sedangkan warga kuningan sendiri, jarang ada yang mau dateng..

Disini terdapat ciptaan Alloh yang dahsyat.. air panas.. padahal air yang turun dari curug adalah air dingin.. subhanalloh.. awalnya terasa panas, dan tidak ingin mandi.. namun lama kelamaan suhu tubuh menyesuaikan, sehingga kami terbiasa..

Setelah dari air panas.. kami naik ke atas curug untuk melihat air terjun.. ternyata air terjunnya baru dapet musibah.. ada pohon yang tumbang.. sehingga pemandangannya jadi rusak.. tapi ada air terjun yang tidak terlalu deras.. tapi indah.. akhirnya dijadikan tempat poto2 kami..

Setelah dari situ.. kami turun.. dan menuju husnul khotimah lagi.. alhamdulillah.. sungguh nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu dustakan..

^_^

Perjalanan pulang.. yah.. bentar banget ya disini.. aku jadi punya cita-cita.. kalo aku udah nikah nanti dan punya anak.. Insya Alloh bakal dititipin disini.. banyak hikmah yang bisa didapet.. setiap ngeliat santri yang lewat.. bawaannya buku plus al-Qur’an adeeem banget..

Setelah ditanya dengan salah satu santri.. ternyata masuk ke Husnul ga gampang lo.. bagi yang mau masuk MA atau setara dengan SMA, kalo ga punya basic bahasa arab.. harus penyesuaian dulu satu tahun.. plus harus punya hafalan minimal 2juz.. subhanalloh.. kita apakah bisa??

Jadwal kesehariannya.. jam tiga udah dibangunin.. siap-siap ke masjid.. dan setengah empat harus sudah di masjid untuk Qiyamul lail.. setelah ba’da subuh.. santri al-Matsurat bareng.. dan setoran hafalan Qur’an.. sampe kira-kira jam setengah enam.. setelah itu persiapan.. makan, mandi, dan ganti baju.. dan setengah tujuh berangkat ke sekolah.. kegiatan sekolah sampai jam 2 siang.. setelah jam 2siang.. kegiatan bebas.. dan setelah ashar, kegiatan ekskul.. ada juga yang liqo.. jam 5 makan malam, dan persiapan buat ke masjid.. dan saat maghrib.. harus semua santri datang ke masjid.. ba’da maghrib.. al-Matsurat bareng.. dan setelah itu Halaqah Al-Qur’an.. ngafal.. sampai isya’.. setelah isya’ kegiatan bebas.. yang ada syuro bisa syuro.. yang ada PR bisa ngerjain PR.. dan bisa juga belajar, atau baca buku.. dan tidur lagi jam 10malam..

Sibukkanlah dengan kebaikan, jika tidak.. maka akan disibukkan dengan hal2 yang kurang bermanfaat.. begitulah taujih salah seorang ustadz..

Mudah-mudahan kita bisa memanfaatkan waktu kita untuk hal yang bermanfaat.. dan bisa terus istiqomah dalam kebaikan.. dalam jalan tarbiyah ini.. aamiin ya Robbal ‘alamiin..

Jakarta, 24 Januari 2012..

1 komentar:

  1. Subhanallah itu pulalah yg ibu rasakan ketika anak masih dihusnul,jadwal menjenguk anak sangat ditunggu2 krn ni' matnya berada pesantren husnul walau hanya menjenguk anak waktu itu

    BalasHapus